Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
RSS

Mendalami Surat Al - Ikhlas,Khasiatnya Dan Doa - Doa Yang Di Kabulkan

Hai Sobat MyWapBlog, kali ini saya akan sharing soal Surat Al - Ikhlas nih (karena adminnya galau jadi lebih alim dikit) biasanya nama sebuah surat dalam al-Quran itu mengambil dari salah satu penggalan kata dalam surat tersebut, misalnya surat al-Falaq ada kata qul audzu bi rabbil Falaq, lalu surat Yasin juga ada kata Yaa siin, al-Kafirun juga ada kala al-Kafirun-nya, dan sebagainya.  Coba kita simak surat al-Ikhlash, tak satupun ada kata ikhlash didalamnya, lalu kenapa namanya surat al-Ikhlash, Kok Bisa ya? 

Coba simak surat al-Ikhlash berikut:
112:1
112_2.png
112:3
112:4

1. Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

asbabunnuzul atau sebab surat ini diturunkan adalah Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa sekelompok Bani Quraisy pernah meminta Nabi Muhammad untuk menjelaskan leluhur Allah dan kemudian turun surah ini. Jadi jelas surat ini menjawab pertanyaan bahwa memang Allah tak beranak dan diperanakkan.

Lha  kok bisa dinamai al-Ikhlash wong gak ada satupun kata ikhlash dalam surat tersebut? Begini ceritanya, ada asbabul wurudnya, atau sebab surat ini dinamakan al-Ikhlash. Berdasarkan sebuah riwayat shahih dulu di masjid yang jauh dari tempat Nabi tinggal kalau tidak salah Masjid Quba’, ada seorang imam yang selalu membaca surat al-Ikhlsh atau kita bilang surat Qul hu ini. Lama kelamaan salah satu jamaah protes, “Pak imam, sampean itu kenapa sih bacanya qulhu mulu, apa nggak ada surat yang lain apa yang sampean hafal?”, dengan santainya si Imam menjawab, ya kalau  sampean nggak mau makmum dengaan surat Qulhu ini silakan saja cari imam lain nggak usah makmuman di sini. (Weh manteb nih imam nggak mau disetir sponsor alias makmum). 

Setelah sekian lama Raulullh SAW datang ke masjid tersebut, kemudian si makmum tadi mengadukan perihal tersebut. Lalau Rasulullah mewasiatkan bahwa perlu ada keihlasan dalam ibadah itu, apapun suratnya yang penting ihlas, surah Qulhu ini meski pendek maknanya begitu mendalam.Kita ditunutuntuk ihlash dalam shalat, ikhlash menerima Allah dalam artian tidak menyekutukan Allah. Sejak itulah nama surat ini menjadi al-Ikhlash

Lebih lanjut Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin mengatakan bahwa Surat Al Ikhlas ini berasal dari ’mengikhlaskan sesuatu’ yaitu membersihkannya/memurnikannya. Dinamakan demikian karena di dalam surat ini berisi pembahasan mengenai ikhlas kepada Allah ’Azza wa Jalla. Oleh karena itu, barangsiapa mengimaninya, dia termasuk orang yang ikhlas kepada Allah.Ada pula yang mengatakan bahwa surat ini dinamakan Al Ikhlash (di mana ikhlash berarti murni) karena surat ini murni membicarakan tentang Allah. 

Allah hanya mengkhususkan membicarakan diri-Nya, tidak membicarakan tentang hukum ataupun yang lainnya. Dua tafsiran ini sama-sama benar, tidak bertolak belakang satu dan lainnya.

KASIAT 

Surat al-ikhlas tergolong surat yang pendek hanya terdiri dari empat ayat sehingga banyak yang menghafalnya. beberapa keutamaan dan khasiat surat al-ikhlas anatara laian : 

1. Barang siapa membaca satu kali surat al-ikhlas maka ia memperoleh ganjaran sebagai orang yang beriman terhadap Allah, malaikat, kitab-kitab, dan beriman kepada para nabi dan rosul. selain itu ia akan mendapat ganjaran seperti ganjarannya seratus orang mati syahid. 

2. Orang yang membaca surat al-ikhlas satu kali sama ganjarannya dengan memperoleh ganjaran membaca sepertiga al-quran. Jadi jika membaca surat al-ikhlas tiga kali mendapat ganjaran seperti membaca satu al-quran. 

3. Barang siapa membaca surat al-ikhlas sebelas kali akan disediakan sebuah rumah yang indah di syurga. 

4. Siapa yang membaca surat al-ikhlas sebelas kali setiap selesai sholat subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut. 

5. Orang yang membaca surat al-ikhlas 50 kali maka memperoleh ganjaran dengan diampuni dosanya selama 50 tahun. 

6. Barang siapa membiasakan setiap hari membaca surat al-ikhlas 200 kali maka dicatat memperoleh seribu lima ratus kebaikan dan diampuni dosanya 50 tahun. 

7. Barang siapa yang mampu membaca al-ikhlas seribu kali berarti ia telah menebus dirinya dari neraka. 

Jadi besar pahala/hadiah yang diberikan Allah SWT kepada orang yang membiasakan membaca surat Al-Ikhlas secara istiqomah (berlanjut). 

Meskipun demikian, kita tidak pantas memikirkan hal tersebut, karena itu merupakan kehendak Allah SWT bagi siapa saja yang dikehendakiNya. 

nah lalu saya ingin anda mengetahui tentang Doa - Doa yang akan di kabulkan oleh Allah S.W.T,inilah dia :

Berdo’a secara rutin. Karena rutin inilah kita akan selalu merasa dekat dengan kehadiran Allah. Kalau dengan suami atau atasan saja kita mau PDKT (pendekatan), kenapa tidak PDKT juga dengan-Nya ?
Ikhlash. Berdo’a jangan karena pamer, atau mentang-mentang ada mertua dibikin fasih bahasanya. Ikhlashkan do’a itu karena Allah SWT.

Yakin. Kalau sudah ikhlash tapi masih tidak yakin, bagaimana Allah mau mengabulkan ? Dia itu kan tergantung prasangka hamba-Nya. Baik prasangka kita maka akan baik pula hasil do’anya, begitu juga dengan prasangka sebaliknya.

Sabar. Ini yang paling susah, do’a koq maunya cepat-cepat dikabulkan. Ibaratnya belum kerja sebulan sudah minta gajian. Taruh dimana itu muka kita ?
Nah, setelah berdo’a, tentu ada lagi yang harus kita perhatikan. Apa itu ?

* Bila do’amu cepat dikabulkan oleh Allah, berarti Dia sayang padamu.

* Bila do’amu lambat dikabulkan, berarti Dia sedang mengujimu.

* Bila do’amu tidak dikabulkan, berarti Allah lebih tau apa yang terbaik untukmu.

--> Ketika berdoa maka sebutlah nama-nama Allah yang baik dan cantik kerana Allah begitu menyayangi mereka yang menyebut nama-namaNya malah sesiapa yang menghafal dan menghayati nama Allah yang 99 maka dijanjikan balasan Syurga.

janganlah engkau memakan,meminum atau memakai pakaian yang haram,karena itu akan membuat mu tidak diterima doanya

Semoga Bermanfaat Bagi Kalian Semua ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya suka sekali dg blog anda,,, salam ukhuwah islamiyah...

Unknown mengatakan...

Klo dlm ilmu alquran,disebut ASBABUN NUZUL..klo HADIST disebut ASBABUL WURUD..syukron.

Unknown mengatakan...

Saya minta tolong pa ustad saya buka bengkel mobil bangkrut jadi sekarang sayanganggur bagai mana caranya bisa kembali seperti dulu lagi sepatah punya uang dan utang saya banyak sekali

Posting Komentar