Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
RSS

Saving the world by Fighting with global warming


Seperti yang kita ketahui, pemanasan global atau global warming merupakan proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi atau naiknya suhu rata-rata Bumi yang disebabkan karena meningkatnya gas rumah kaca . Menumpuknya panas di bumi karena semakin bertambah banyaknya gas rumah kaca dinamakan efek rumah kaca (ERK). Yang termasuk gas rumah kaca yaitu; karbondioksida, dinitrogen oksida, metana, dan chlorofluorokarbon.
Sekarang pemanasan global sedang terjadi, suhu permukaan Bumi menjadi  0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama 100 tahun terakhir. Jika pemanasan global dan efek rumah kaca ini dibiarkan terus-menerus maka dapat mengakibatkan:  mencairnya gunung es di kutub sehingga dapat menenggelamkan pulau-pulau atau kota-kota yang ada di daerah pantai, perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim, dan habisnya gletser-sumber air bersih dunia .
Apa yang harus kita lakukan agar dapat mengurangi itu ? atau hanya diam saja ? Mungkin untuk mengurangi terjadinya bahaya pemanasan global atau mengurangi timbulnya gas rumah kaca kita perlu bekerja sama untuk membuat sumber energi lain, misalnya tenaga surya, tenaga air, tenaga angin dan tenaga-tenaga lainnya yang mempunyai kadar polusi rendah. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan meningkatnya pemanasan global yaitu; kita bisa melakukan penghijauan, membuat paru-paru kota, dan membuang limbah tidak di sembarang tempat yang dapat mengganggu kesehatan lingkungannya . Oleh karena itu kemajuan teknologi memang harus selalu memperhatikan dampak negatif terhadap lingkungan serta memerlukan kesadaran umat manusia untuk selalu menjaga keseimbangan alam dan kehidupan manusia pada masa yang akan datang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar