Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
RSS

Korut & Iran Kerja Sama Melawan AS

Korut & Iran Kerja Sama Melawan AS
Senin, 03 September 2012 , 09:05:00 WIB

KOREA UTARA DAN IRAN
  

RMOL. Korea Utara dan Iran sepa­kat untuk mengembangkan teknologi bersama demi me­lawan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat.
Dalam pertemuan di Tehe­ran, Sabtu (1/9), Presiden Ko­rut Kim Yong-nam dan Pre­si­den Iran Ahmadinejad sepakat, ke­dua negara akan bekerja sama dalam riset, pertukaran ma­hasiswa dan laboratorium bersama,dan dalam bidang-bidang informasi tek­nologi, teknik, bioteknologi, ling­ku­ngan, pembangunan ber­ke­si­nambungan pertanian dan tek­nologi pangan.
Perjanjian itu ditandatangani Menteri Sains, Riset, dan Tek­no­logi Iran Farhad Daneshjoo dan Menlu Korut Park Ui-chun.
Kim Yong-nam juga bertemu dengan Pemimpin Besar Revo­lusi Iran Ayatollah Ali Kha­menei. Dalam pertemuan ter­sebut, Khamenei menyatakan bahwa Iran dan Korut memiliki musuh yang sama.
“Republik Islam Iran dan Korut memiliki musuh ber­sama, karena negara-negara yang arogan tidak menerima ne­gara-negara yang merdeka,” kata Khamenei seraya me­nambahkan, Iran dan Korut tidak akan membiarkan adanya sanksi yang ditetapkan negara Ba­rat atas pengembangan nuklir.
Meski tanpa menyebut lang­sung AS, sudah bukan rahasia lagi, bahwa kedua negara itu merupakan musuk bebuyutan AS dan Barat. Malah ada ung­kapan dari pejabat Iran dan Ko­rut bahwa pada masa lalu me­reka berada di satu gerbong dalam perang melawan ke­kuatan Barat.
Sedangkan Kim menga­ta­kan, pertemuan tersebut ber­tujuan untuk mempererat hu­bungan kedua negara. Ini ada­lah kunjungannya yang per­tama sejak Pemimpin Korut Kim Jong-un mendeklarasikan kekuatan militer Korut ter­hadap dunia
Kim Yong-nam memiliki dua agenda dalam kunju­ngan­nya ke Iran. Yaitu melakukan kun­ju­ngan persahabatan resmi ke Iran atas undangan Presiden Mah­moud Ahmadinejad dan meng­hadiri Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok, 30-31 Agus­tus. GNB adalah  salah satu dari beberapa forum mul­tilateral  di mana Korut ikut serta. [Harian Rakyat Merdeka]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar