Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
RSS

Bekas Panglima TNI puji Danjen Kopassus yang siap dicopot

MERDEKA.COM. Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo menyatakan siap bertanggung jawab atas penyerbuan di Lapas Cebongan, Sleman, Jawa Tengah. Dalam aksi brutal itu anggota Kopassus menembak mati empat tahanan

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto tak sungkan memuji keputusan arif sang jenderal. Menurutnya, Agus memiliki sifat kepemimpinan yang patut dicontoh.

"Memang harus begitu, itulah pemimpin yang bertanggung jawab terhadap seluruh anak buahnya," katanya, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung, Sabtu (6/4).

Baik buruknya anak buah menurut mantan Panglima TNI era Presiden Megawati itu adalah tanggung jawab komandannya yang menjadi pimpinan dalam kesatuannya.

"Danjen Kopasus menurut saya sudah melakukan itu dengan baik dan menerima semua tanggung jawab yang dilakukan anak buahnya," katanya.

Apalagi kata dia, Agus mengatakan kesiapannya dicopot, dipecat sekalipun, karena perbuatan anak buahnya. "Itu adalah cerminan sosok pemimpin," ujarnya.

Dia juga memuji langkah tim investigasi yang berhasil menguak aksi keji di Lapas Cebongan. Namun itu harus dibarengi dengan proses hukum yang obyektif. Transparansi proses hukum merupakan hal terpenting untuk mengungkap kebenaran kasus tersebut.

"Karena undang-undang belum memungkinkan sesuai tuntutan masyarakat dengan dihadiri di pengadilan umum, maka pengadilan militer. Tapi pengadilan militer ini hendaknya dilakukan secara transparan dan terbuka," katanya.

"Bisa diakses siapun masyarakat dan media. Sehingga bisa mengikuti. Kemudian masyarakat bisa yakin bahwa proses peradilan bisa berjalan sebaik-baiknya," tuturnya.
Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/bekas-panglima-tni-puji-danjen-kopassus-yang-siap-114621286.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar