Mengenai Saya

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
RSS

CONTOH RESENSI BUKU BEST FRIEND KARYA SEKAR


Laporan Membaca Novel
Karya Sekar


Disusun oleh:
1.   Annisa larasati
2.   Diah prameswari
3.   Neta desti kurniati
4.   Nuri yusmalia
5.   Sri wulan octaviani
Kelas : XI.IPA.3



SMA Negeri 5 Palembang
Tahun Pelajaran 2012/2013
I.                 Identitas Buku
1.    Judul : Best Friend
2.    Pengarang : Sekar
3.    Tebal buku : 192 halaman
4.    Penerbit : DAR Mizan (Group)
5.    Tanggal Terbit : 22-12-2009
6.    Kategori : Fiksi
7.    Harga : Rp. 37.700.00
8.    ISBN : 978-979-066-089-2












Novel Best Friend karya Sekar yang terbit pada 22 Desember 2009 yang diterbitkan oleh DAR Mizan (Group) merupakan sebuah novel yang terinspirasi dari kisah nyata. Dengan tebal buku sebanyak 192 halaman, novel ini mengisahkan persahabatan 5 orang remaja . Novel ini terdiri dari 6 bagian dan setiap bagian diberi judul yang berbeda.
1.      Apa dan Siapa
Charlize June Brooks biasa di panggil Charlize atau Lize. Banyak yang kagum akan kepandaiannya di bidang jurnalistik. Dia sangat cekatan dalam mencari informasi dan memotret sebuah objek-seperti paparazzi. Zane Clarence Powell biasa dipanggil Zane. Dia anak yang cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama sains, matematika dan teknologi. Julian Nathaniel Cardon sering disapa dengan Jules. Dia kapten tim basket Rocket Rockport, tim basket Rockport Junior High School. Dia pintar dan memiliki tubuh yang paling tinggi diantara keempat sahabatnya. Caitlin Marsha McNiven panggilannya Caitlin. Suara gadis ini tidak diragukan lagi. Dia bintang pendatang baru di Hollywood dan sebagai penyiar radio juga. Dia terkenal sangat sederhana. Kelan Dominic Averell dia akrab disapa Kelan atau Kels. Hidupnya dulu nomaden, mengikuti pekerjaan ayahnya yang berpindah-pindah. Dia pandai memasak dan diam-diam dia mengidap penyakit jantung.
2.      Kemenangan Jules
Di tengah lapangan, seorang pemuda dengan kaus merah nomor 26 sedang mengatur pemain lainnya. Dialah Jules. Jules segera mengambil bola dan melakukan penyerangan yang amat cepat. Akhirnya, dia sampai di kubu lawan. Dan berhasil menyetak three point sehingga skor menjadi 57-57. Waktu habis dan seluruh pemain menepi. Permainan terus berjalan lancar, sampai menyisakan waktu 1 menit lagi. Skor imbang 70-70. Kini Jules sedang mendrible bola dengan pelan. Matanya mendelik ke arah scoreboard sayangnya dia dijaga ketat. Tapi dia berhasil menghindar dari lawan dan melemparkan bola kepada Nelson. Nelson melempar bola kembali kepada Jules, dan Jules melakukan slam dunk dan MASUK !!!!! Rocket Rockport menang dengan skor 72-70. Akhirnya, tibalah penyerahan trofi. Jules, sebagai kapten, mendapatkan kehormatan untuk menerima trofi. Semuanya bersorak riang.
3.      Caitlin Diculik!
Caitlin tidak sengaja menumpahkan kentang goreng yang sudah diberi mustard dan daun bawang ke baju Barbara. Ternyata Barbara tidak menyukai itu dan akan balas dendam. Keempat sahabat ini saat musim panas berlibur ke New York dan ternyata mereka bertemu dengan Barbara. Akhirnya, Barbara berhasil membalaskan dendamnya dengan cara menculik Caitlin dan membawanya ke gudang mesiu ditengah kota. Tapi, berkat kerjasama teman-temannya, Caitlin berhasil diselamatkan. Caitlin pun bisa mengikuti konsernya dengan The Jonas.
4.      Bye-bye, Kelan…
Kelan mengikuti turnamen sepak bola antar-SMP. Kali ini, Rocport Junior High School melawan Prevery Junior High School. Saat Kelan masuk ke kotak penalty, seorang pemain belakang men-tackle Kelan dengan keras. Keesokan harinya, saat Kelan datang, semua mengelu-elukannya. Bagaimana tidak? Mereka menang 3-0. Dua gol tercipta dari kaki Kelan. Meski kakinya cedera, Kelan tetap menyumbang go. Sungguh fantastis!
Kelan tidak masuk sekolah. Caitlin mulai gelisah, karena hanya dia yang mengetahui bahwa Kelan mempunyai penyakit jantung. Akhirnya, Caitlin pun menjenguknya. Hari demi hari berlalu, Kelan pun masuk sekolah dan akan mengikuti pertandingan final kompetisi sepak bola tingkat SMP. Sebelum pertandingan dimulai, ternyata Kelan sudah menyiapkan surat untuk keempat sahabatnya tersebut. Pada saat pertandingan dilaksanakan, pada saat bersamaan pemain belakang itu menyikut jantung Kelan. Kelan kesakitan dan untungnya bola yang digiring masuk dengan skor 2-1. Kelan langsung dibawa kerumah sakit dan tidak dapat tertolong lagi. Berlangsunglah pemakaman Kelan yang tidak jauh dari rumahnya. Teman-temannya pun membaca surat yang dibuat Kelan dan mereka menangis.
5.      Our Happy Ending
Charlize mendapatkan hadiah ulang tahun dari ayahnya yaitu kamera yang menjadi impiannya selama ini katanya sih mahal. Ternyata di sekolah, Zane tidak sengaja menabrak Charlize dan membuat kamera kesayangannya tersebut hancur. Zane merasa kesal terhadap dirinya karena sudah membuat seorang gadis menangis. Samapi suatu hari, dia pulang sendirian sambil berjalan dengan putus asa. Lalu, dia menukik gang kecil yang ada tempat sampahnya. Dia duduk di sana. Tiba-tiba dia melirik sebuah kardus yang ada disebelahnya. Ternyata, isinya minuman keras dan narkoba. Orang tua Zane khawatir karena sudah tengah malam Zane belum pulang juga lalu mereka menelpon teman-temannya. Caitlin dan Jules pun berkeliling mencari Zane. Dan setelah melihat Zane, ternyata Zane telah mengonsumsi barang-barang haram tersebut. Caitlin langsung menelpon ambulans.
Sebelumnya, memang Zane pernah mengonsumsi barang-barang tersebut, setelah di rehabilitasi akhirnya Zane berubah dan prestasinya mulai gemilang. Ini adalah yang kedua kalinya Zane di rehabilitasi, Caitlin dan Jules selalu menjenguknya. Karena Charlize masih kesal dengan Zane, maka ia tidak pernah menjenguknya.
Beberapa hari kemudian, Zane sudah boleh keluar dari rehabilitasi. Dan dia sudah boleh masuk sekolah. Di sekolah sedang heboh akan di adakannya pesta dansa prom. Dan di pesta itulah Zane membuat kejutan kepada teman-temannya dengan meminta maaf dan tak lupa mengganti kamera Charlize.
Akhirnya, mereka pun lulus dan sekarang sudah SMA. Tapi mereka tetap berjanji untuk tidak putus hubungan satu sama lain.
6.      Bonus Chapter: Story of Kelan
Di sini menceritakan perjalanan Kelan selama berpindah-pindah tempat tinggal. Ternyata di Rockport Junior High School inilah Kelan bisa menemukan teman-teman yang baik bahkan bisa mengenal yang namanya persahabatan.

Kisah novel Best Friend ini menceritakan tentang kelima sahabat yang bisa dikatakan kompak dan bisa saling memenuhi satu sama lain. Karena mereka ini adalah teman-teman seperjuangan sampai salah satu teman mereka meninggal karena penyakit jantungnya pun, mereka tetap kompak. Mungkin, inilah yang dikatakan sebagai “SAHABAT SEJATI!”

















I.                   Sinopsis
Ini kisah seru pertemanan 5 anak di SMP Rockport Junior High School. Charlize June Brooks, biasa dipanggil Lize. Gadis yang liar dan agak bandel, langganan Detention Class. Tetapi, dia jago memotret. Cita-citanya menjadi jurnalis hebat! Zane Clarence Powell atau Zane, mungkin dia murid ter jenius di Rockport Junior High School. Tapi, di masa lalunya, dia pernah terpuruk. Berikutnya, Julian Nathaniel Cardon alias Jules. Kapten tim basket Rocket Rockport ini, paling tinggi dibanding yang lainnya-jelas saja! Kecekatannya di saat situasi bahaya: Two Thumbs Up! Caitlin Marsha Mcniven, a.k.a Caitlin. Gadis cantik yang lembut, dengan suara yang marvelous! Walau jadi bintang baru di Hollywood, dia tetap sederhana. Kelan Dominic Averell, Kelan atau Kels, pemuda Amerika kelahiran Perancis. Dia bintangnya club sepak bola, karena permainan sepak bolanya seperti sihir. Pertemanan mereka diuji oleh serangkaian kejadian. Persaingan dalam pemilihan penyanyi untuk konser grup ternama, penculikan terhadap salah satu anggota mereka, sampai... saat seorang dari mereka meninggal dunia! Nah sanggupkah mereka bertahan?
II.                Unsur-unsur yang terdapat dalam Novel
2.1  Unsur instrinsik
2.1.1        Tema
Tema dalam novel Best Friend adalah tentang persahabatan.
Ini terlihat dari perjuangan ke 5 tokoh utama yang selalu ada untuk satu sama lain sampai akhir khayat mereka.
2.1.2    Alur
Alur dalam novel Best Friend adalah campuran.
Ini terlihat dari kisah Kelan di halaman terakhir dengan cerita-cerita sebelumnya.(BF, 2009:145)
2.1.3        Tokoh dan Penokohan
Tokoh dan penokohan dalam novel Best Friend adalah
·         Charlize June Brooks: Biasa dipanggil Charlize atau Lize. Dia gadis kelas 2 SMP yang lair dan agak bandel. Karena itu, beberapa guru disekolahnya, Rockport Junior High School, sangat membencinya. Tak jarang, dia m asuk Detention Class. Akan tetapi, banyak juga yang kagum akan kepandaiannya di bidang jurnalistik. Dia sangat cekatan dalam mencari informasi dan memotret sebuah objek-seperti paparazzi. Bahkan, dia sering mewawancarai orang-orang terkenal. Dia juga pintar dalam bidang sains, terutama astronomi. Terkadang, dia memakai kacamata. Cita-citanya menjadi jurnalis hebat!
·         Zane Clarence Powell: Zane, begitulah dia sering disapa. Dia anak yang cerdas dalam bidang ilmu npengetahuan, terutama sains, matematika, dan teknologi, seperti computer. Gelar “professor” seakan-akan sudah disematnya. Mungkin, dia murid tergenius di Rockport Junior High School. Sama seperti Charlize, terkadang dia memakai kacamata. Namun, dia tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Dulu hidupnya terpuruk; suka mabuk, merokok, bahkan pernah memakai narkoba.
·         Julian Natahaniel Cardon: biasa dipanggil Jules. Dia kapten tim basket Rocket Rockport, tim basket Rockport Junior High School. Dia juga pintar. Tubuhnya paling tinggi diantara keempat sahabatnya! Dia juga bisa bermain rugby. Ayahnya bercerai dengan ibunya saat dia berumur tujuh tahun. Kini dia tinggal dengan ibu dan adik perempuannya, Iris. Sedangkan ayahnya tinggal di New York. Sejak berumur tujuh tahun, dia belum pernah melihat wajah ayahnya lagi. Dia sudah lupa rupa ayahnya.
·         Caitlin Marsha McNiven: panggilannya Caitlin. Suara gadis ini tidak diragukan lagi. Dia bintang pendatang baru di Hollywood. Album pertamanya, yang merupakan self-titled album , langsung meledak di pasaran begitu dirilis. Dia juga penyiar radio sekolah. Bahkan, tawaran bermain film pun berdatangan. Dia suka sepak bola karena ayahnya pernah ke Inggris dan langsung jauth cinta pada sepak bola. Meskipun artis, dia sama sekali tidak sombong. Rumah yang didiaminya di Los Angeles juga sama seperti layaknya rumah teman-temannya; rumah sederhana berlantai dua.
·         Kelan Dominic Averell: dia akrab disapa Kelan atau Kels, singkatan dari Kelan dan ditambah huruf “s” agar terkesan lebih keren. Dia pemuda Amerika kelahiran Prancis. Hidupnya dulu nomaden, mengikuti pekerjaan ayahnya yang berpindah-pindah. Ibunya membuka bakery di rumahnya sehingga dia pintar memasak, tak hanya membuat roti. Terkadang, Kelan ikut menjaga bakeri ibunya. Rumahnya persis disebelah rumah Caitlin dan kamar mereka bersebrangan. Dia sangat suka sepak bola karena lama tinggal di Inggris. Dengan permainan sepak bolanya yang sangat mengagumkan, dia menjadi bintang di sekolahnya. Tetapi diam-diam, dia mengidap penyakit jantung!
2.1.4   Latar
Ø  Latar tempat
Latar tempat dalam novel Best Friend adalah Rockport Junior High School, lapangan basket (gymnasium), New York, Sungai Kecil, Kafe Gracia’s, dan Gudang mesiu.
“Karena itu, beberapa guru di sekolahnya, Rockport Junior High School, sangat membencinya.” (BF, 2009:11)
“Charlize dan Caitlin sampai di gymnasium. Di sana sudah ramai. Para supporter meneriakkan nama sekolahnya. Para cheers menari gembira.” (BF, 2009:15)
“Setiap malam sekitar pukul 10, mereka berdua diam-diam berlari ke belakang rumah. Di sana sebuah sungai kecil mengalir.”(BF, 2009:36)
“Gracia’a adalah kafe tempat nongkrong anak-anak muda, dan rata-rata anak-anak Rockport. Di sana, bermacam makanan dari berbagai belahan dunia ada. Harganya juga terjangkau oleh para pelajar.”(BF, 2009:23)
“Yang mereka liaht adalah patung Liberty, patung kemerdekaan Amerika Serikat. Dan kau tahu apa artinya? Mereka sudah ada di New York! (BF, 2009: 41)
“Dengan kecepatan tinggi, tapi masih dalam batas kecepatan yang diperbolehkan, dia melaju ke gudang mesiu.” (BF, 2009:68)
Ø  Latar waktu
Latar waktu dalam novel Best Friend adalah siang hari, malam hari, musim gugur dan musim panas.
“saat makan siang….ke-5 sahabat tersebut sedang asyik mengobrol sambil makan siang.” (BF, 2009:34)
“malamnya, Caitlin memandang keluar. Ada seorang pemuda di rumah sebelah. Kebetulan kamarnya bersebrangan dengan kamar Caitlin.”
(BF, 2009:36)
“Musim gugur ini, Kelan mengikuti turnamen sepak bola antar-SMP. Kali ini, Rockport melawan Prevery Junior High School.” (BF, 2009:86)
“Sekarang sudah musim panas dan mereka sedang liburan.” (BF, 2009:41)
2.1.5   Amanat
Novel ini sangat layak sekali untuk dibaca, karena memberikan pesan-pesan yang mendidik dan mengajak remaja-remaja untuk selalu berbuat ke arah positif. Untuk itu, perbaikan dalam tata bahasanya sangat perlu diperhatikan , agar pesan dan makna yang disampaikan penulis dapat tersalurkan dengan baik kepada seluruh remaja yang ada. Sehingga remaja akan lebih terdidik dan melatih untuk mau membaca. Walaupun begitu, hal tersebut dapat sedikit teratasi dengan pesan yang luar biasa yang disampaikan oleh penulis, yaitu “Berharganya Sebuah Persahabatan”

III.             Kesimpulan
Kesimpulan dari novel Best Friend yaitu novel ini merupakan novel yang terinspirasi dari kisah nyata yang menceritakan tentang kehidupan kelima sahabat yang bisa dikatakan sebagai sahabat sejati. Dengan mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga mereka dapat berbagi. Semuanya pasti akan mendapat cobaan, oleh karena itu, kita harus mempunyai kesiapan untuk menerima semuanya walaupun terasa berat.

IV.             Biografi pengarang
1)        Nama                                  : Sekar Maya Padmaniasti Nakula
2)        Tempat, tanggal lahir          : 14 September 1995
3)        Pekerjaan                            : Pelajar
4)        Novel yang dihasilkan
·      Best Friend (2009)
            Sekar Maya Padmaniasti Nakula ini hanyalah gadis biasa. Kegiatan sehari-harinya belajar di sekolahdan di rumah (yang MUNGKIN hanyabmenghabiskan waktulima belas menit saking sibuk melakukan kegiatan tak penting lainnya) sambil mendengarkan music, terutama dari musisi favoritnya, seperti The Script, David Archuleta, Jesse McCartbey, Take That, dan banyak lainnya. Dia hobi membaca komik, seperti Doraemon, Miiko, dan juga Yakitate!Japan; juag menonton acara televisi, seperti “ The Amazing Race”, “Jamie At Home”, “Are You Smarter Than A 5th Grader”, “Royal Pains”, “Reaper”, dan lainnya. Dia tak segan masak makanan sendiri jika tidak ada makanan yang cocok di meja makan. Hobi yang lainnya adalah main Potoshop; kadang dia jadi fotografer mendadak. Kegemarannya online membuat tagihan selalu melebihi kuota sebenarnya dan mata menjadi beler.
            Setiap Minggu, dia menghabiskan waktu bersama keluarganya dengan menonton film di bioskop. Dia suka sekali film komedi dan actor favoritnya adalah Ben Stiller, Chris Pine, Anne Hathaway, dan Jack Black. Setelah menonton film, dia memilih untuk berantem. Buakn di dunia nyata, tapi di  game Tekken meski dia nggak pernah maju-maju (baca: mainnya gitu-gitu aja). Dan malamnya, kalu nggak ngantuk, dia menonton sepak bola dan menukung klub kesayangannya, Manchester United, atau nemenin ayahnya nonton klub favorit beliau, Arsenal, sambil ngeliat pemain favoritnya, Samir Nasri.
Contact her at http://sekarnakula.co.cc.


























LAMPIRAN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar